Rabu, 03 Oktober 2012

Peran Bahasa Indonesia dalam Sektor Ekonomi Global

NPM : 57212081

Bahasa Indonesia Di mata Internasional

Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan Negara Republik Indonesia, tanpa adanya bahasa indonesia masyarakat indonesia tidak akan dapat mengerti satu sama lain. Bangsa indonesia yang memiliki beragam suku dan budaya serta bahasa yang berbeda memaksa untuk memiliki bahasa persatuan sendiri. Telah disebutkan dalam Sumpah Pemuda ayat ketiga yang berbunya "kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia. 

Di zaman modern ini bahasa indonesia sudah banyak mengalami perubahan baik yang positif maupun yang negatif. Saat ini banyak pemuda pemudi di indonesia yang tidak menggunakan bahasa dengan baik dan benar, itu semua karena banyaknya pengaruh dari negara lain yang tidak dapat disaring dengan baik oleh masyarakat.

Sejalan dengan perkembangan bahasa,perkembangan perekonomian di indonesia juga mengalami banyak perubahan bahkan mencapai dunia internasional sehingga menuntut masyarakat indonesia untuk bisa berbahasa asing. Banyak hal yang mempengaruhi perkembangan perekonomian di indonesia salah satunya cara kita berbahasa, dengan adanya pengaruh internasional maka warga negara indonesia juga harus bisa bersaing dengan warga negara asing. Akibatnya mulailah bangsa ini melupakan bahasa mereka sendiri dan berpaling dengan bahasa asing yang mereka pikir akan lebih berguna dimasa globalisasi seperti ini.

Kita patut bangga dengan berkembangnya perekonomian di indonesia, namun kita juga harus bisa menyaring mana yang baik dan mana yang kurang baik. Kita harus bangga akan budaya kita sendiri dan tentunya bahasa yang kita pergunakan, kita dapat memperkenalkan bahasa kita dengan negara lain bukan melupakan bahasa sendiri. Saat ini sudah ada program pembelajaran bahasa indonesia di beberapa negara,kita patut bangga mendengarnya, jika negara lain saja ingin mempelajari bahasa kita seharusnya kita juga bisa lebih baik lagi untuk belajar mengerti dan memahami bahasa Indonesia dan mulailah untuk berbahasa indonesia yang baik dan benar.

oleh. siti Qomariyah
1DF01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar