Senin, 15 Oktober 2012

Filsafat, Ilmu, dan Pengetahuan

Definisi Filsafat, ilmu, dan pengetahuan.

Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi,memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu.

Ilmu adalah seluruh usaha untuk menyelidiki, menemukan,dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan. Ilmu bekan sekedar pengetahuan, tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat diuji secara sistematik dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu.

Pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya.

Persamaan filsafat, ilmu, dan pengetahuan.

  • Mencari rumusan yang sebaik-baiknya menyelidiki obyek selengkap-lengkapnya sampai keakar.
  • Memberikan pengertian mengenai hubungan atau koheren yang ada antar kenjadia-kejadian yang kita alami dan mencoba menunjukkan sebab akibatnya.
  • memberikan suatu pandangan yang bergandengan.
  • mempunyai metode dan sistem.
  • Memberikan penjelasan tentang kenyataan akan pengetahuan yang lebih mendasar.
Perbedaan Filsafat, imlu, dan pengetahuan.

  • Filsafat, mencoba merumuskan pertanyaan atas jawaban. Mencari prinsip-prinsip umum, tidak membatasi segi pandangnya bahkan cenderung memandang  sesuatu secara umum dan keseluruhan.
  • Ilmu, segi-segi yang dipelajari dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti.
  • Pengetahuan, kajian tentang dunia material.


Mitos
Cerita rakyat berlatar belakang masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk didalamnya dan dianggap benar terjadi oleh penganutnya.
contoh: mitos mengenai ratu pantai selatan (Nyi Roro Kidul)

Legenda
Cerita prosa rakyat yang dianggap benar-benar terjadi oleh penceritanya,leganda seringkali dianggap sebagai sejarah.
Contoh : Legenda Danau Toba

Cerita rakyat
Cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencangkup kekeyaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa.
Contoh : Cerita Roro Jonggrang (Candi Prambanan)



Siti Qomariyah 
1 DF 01


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar